Senin, 01 Mei 2017

Tips Memilih Wadah Plastik yang Aman untuk Kesehatan

Jual Toples Flanel, Toples Dari Kain Flannel, Toples Cake Flannel, Toples Hias, Toples Flanel Terbaru, Toples Flanel Murah, Toples Flanel Cake, Toples Flanel Cantik, Toples Flanel Lebaran, Toples Flanel Karakter,  Souvenir Pernikahan, Souvenir Murah, Toples Flanel Terbaru, Toples Flanel Lucu, Toples  Flanel Bunga, Toples Flanel Murah, Toples Flanel Edisi Lebaran, Toples Flanel Kue, Toples Flanel Mawar, Toples Flanel Lebaran, Toples Flanel 2016, Toples Flanel Unik







1.Periksa Kode BPA pada wadahplastik Anda
Keluarkandari dapur Anda semua wadah plastik dengan angka 3, 6 dan 7. Karena ituartinya, wadah plastik tersebut mengandung BPA yang berbahaya bagi tubuhAnda.

2.Pilih Wadah Plastik yang free BPA
Pastikanpadasimbol segitiganya terdapat angka 1,2, 4 dan 5. Baca instruksi yangterdapat pada labelnya dan pastikan apakah wadah plastik tersebut aman untukpenggunaan di freezer dan microwave (jika Anda hendak menggunakannyasebagai wadah makanan beku atau untuk memanaskan makanan).

3.Periksa Tutup (Seal) WadahPlastik
Beberapawadah plastik dilapisi bahan silikon pada bagian tutupnya. Itu artinya,wadah tersebut bersifat kedap udara.Carilah jenis wadah plastik dengantutup seperti ini agar makanan Anda tetapsegar dan tahan disimpan di dalam lemaripendingin (kulkas) ataufreezer.

4.Hindari Menyimpan Makanan Panas, Berlemak dan Berminyak
Jenismakanan seperti ini akan mempermudah transfer zat-zat kimia pada plastikkedalam makanan.

5.Nano Silver
Wadahplastik jenis ini mengandung sedikit partikel perak dan diduga dapat membantumemperlambat proses pembusukan bahan makanan.

6.Gunakan Wadah Isi Ulang Saat Memesan Makanan di Restoran
Memesanmakanan di restoran atau rumah makan,seringkali menggunakan wadahplastik berbahan dasar polistiren (PS, atau plastik tipe 6, dikenal juga dengannama Styrofoam). Setelah Anda tibadi rumah, segera pindahkan makananAnda ke wadah yang lebih aman.

7.Hati-hati bagi Ibu Hamil danMenyusui
Pentinguntuk diingat bahwa penggunaan wadah plastik dengan kode recycling 3, 6 dan 7pada ibu hamil dan menyusui.

KRITERIAWADAH PLASTIK UNTUK MAKANAN:

1.PETE/PET.
PETE atau PET (polyethylene terephthalate). Botol jenis PETE/PET inidisarankanhanya untuk sekali pakai.

2.HDPE. 
HDPE (high density polyethylene). Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat bahanyang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan pada suhu tinggi. Sama sepertiPETE, HDPE juga disarankan hanya untuk sekali pemakaian.

3. V
Kode V, atau lebih dikenal PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yangpaling sulit didaur ulang. Bahan ini ditemukan pada plastik pembungkus (clingwrap) dan botol. 

4. LDPE
LDPE(low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic, dibuatdari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan karena sulit bereaksisecara kimiawi dengan makanan, plastik kemasan, dan botol yang lembek.

5. PP
Bahan jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastikterbaik,terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpanmakanan,botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untukmenyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman.

6. PS
Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatanotak,mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalahreproduksi,dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulitdidaur ulang. Bahan ini biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempatminumsekali pakai, dan lain-lain.

7. O
Bahanuntuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu:
1. SAN,styrene acrylonitrile.
2. ABS,acrylonitrile butadiene styrene.
3. PC,polycarbonate.
4. Nylon.

Dapat dtemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minumolahraga,suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik danplastik kemasan. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips memilih souvenir pernikahan yang tepat

Jual Toples Flanel, Toples Dari Kain Flannel, Toples Cake Flannel, Toples Hias, Toples Flanel Terbaru, Toples Flanel Murah, Toples Flanel C...